Selasa, 16 Juni 2015

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
oleh:
M. Ricky Sofian Hasibuan
140521023
Manajemen Ekstensi
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Sumatera Utara

Perdue Farms adalah penyedia sekitar satu jutaan kalkun dimana merka harus memenuhi kebutuhan selama musim liburan dan sebelumnya mereka menghadapinya dengan sangat rumit, sehingga mereka memutuskan untuk menginvestasikan $20 juta untuk teknologi manajemen lima tahun lalu. Menggunakan perangkat lunak anggaran manugistic dan alat rantai perencanaan pasokan. Perdue telah lebih beradaptasi terhadap pengiriman jumlah kalkun yang dibutuhkan dengan sangat benar dan dengan waktu yang sangat tepat kepada pelanggannya. Alat ini berjalan dengan baik, pendiri perusahaan Arthur W Perdue pada tahun 1920 telah menaikkan penjualan tahunan hingga mencapai $2,7 miliar.

Dengan anggaran sistem rantai pasokan Taylor secara pribadi mengawasi produk perusahaan sepanjang tahun dan sering memeriksa lebih dari biasaya produk – produk perusahaan dimana produk ini akan sangat laku dan banyak dipesan ketika THANKS GIVING  tiba pada minggu ketiga bulaan November, maka Perdue akan sangat mengawaasinya dengan sangat ketat sehingga pengeluaran perusahaan tidak akan keluar secara radikal. Di tahun sebelumnya ini lebih seperti bagian makanan seperti makan dan daging toko makanan sementara waktu ditahun ini seluruhnya berupa burung yang mengambil kalkun dari pertanian ke meja adalah pertandingan sehingga Perdue telah mengubah teknologi untuk memastikan produk tiba dalam keadaan segar.

Masing – masing pengiriman produknya tiba dalam sistem global yang mungkin pengiriman untuk menjaga biaya atas kalkun dan rute-rute masing-masing empat pusat distribusi perusahaan ke tujuan mereka. Tarik menarik antara biaya versus fleksibilitas yang kritis itu dapat dibelakang kejelekannya selama liburan, Tantangannya ketika rencana pemasaran dan strategi pemasaran dan persediaan. Pertanyaan pertama fleksibilitas merspon cepat terhadap pasokan adalah taktik dari kunci kesuksesan serta ini merupakan taktik yang dapat membantu mulai dari pengeceran maupun pabrikasi dalam menggerakkan produk yang lebih banyak sebagai contoh, bila permintaan untuk produk pabrikasi sedang bagus di wilayah timur Amerika Serikat serta dapat membagi informasi itu serta proses  logistik yang tepat untuk menyesuaikan dan mengatasi situasi tersebut. Untuk menyesuaikan dengan semangat liburan, Haskins  menawarkan saran yang sangat praktis bagi pengecer dan pabrikasi yang saling membutuhkan selam liburan dibandingkan dengan sebelumnya dengan anda yang bergerak dengan cepat untuk tinjauan terintegrasi terhadap total permintaan daan penawaran.

1. Apakah faktor-faktor kunci yang menentukan keberhasilan atau kegagalan dari rantai pasokan selama musim liburan ?  Manakah dari hal-hal tersebut yang mungkin dapat dikendalikan oleh perusahaan, dan manakah melekat dalam bisnis pelanggan akhir ? Berikan beberapa contoh.
Jawab : Faktor kunci adalah  Tarik menarik antara biaya versus fleksibilitas yang kritis itu dapat dibelakang kejelekannya selama liburan, Tantangannya ketika rencana pemasaran dan strategi pemasaran dan persediaan. Contohnya adalah: Untuk menyesuaikan dengan semangat liburan, Haskins  menawarkan saran yang sangat praktis bagi pengecer dan pabrikasi yang saling membutuhkan selam liburan dibandingkan dengan sebelumnya dengan anda yang bergerak dengan cepat untuk tinjauan terintegrasi terhadap total permintaan daan penawaran.

2. Pertimbangkan meningkatkan penggunaan kartu ucapan sebagai pengganti hadiah selama musim liburan. Apa saja efek yang diberikan oleh praktik baru ini ke perencanaan permintaan dan manajemen rantai pasokan ? Pertimbangkan fakta secara tidak kasat mata tidak ada yang diketahui mengenai penerima kartu ucapan. Strategi apa saja yang dapat dipertimbangkan oleh pengecer dan pemasok mereka untuk mengakomodasi efek tersebut ?
Jawab : Pada dasar nya ini merupakan bentuk feedback kepada sang pemasok, dengan anggapan bahwa perusahaan ikut merasakan kebahagiaan yang sama dengan sang pemasok. Dan ini akan membuat perusahaan terus terintegrasi dengan pemasok, meskipun sedang musim liburan

3. Professor Brian Tomlin berkata bahwa perusahaan yang cerdas mengganti informasi persediaan. Menurut anda apa yang dia maksud dengan pernyataan ini ? Bagaimana menurut anda perusahaan yang dapat mengambil keuntungan dari informasi yang diperluas dan akurat untuk memperbaiki praktik persediaan dan logistik mereka ? Berikan beberapa contoh.
Jawab : Mengubah praktik persedian logistik dengan teknologi dapat memeberikan keuntungan, Hal ini telah dilakukan oleh Perdue. Apa yang dikatakan oleh Prof. Brian Tomlin adalah suatu hal teknis yang bertujuan untuk mengefesien kan data logistik suatu perusahaan. Dengan adanya hal ini pemasok lain akan berusaha untuk membuat perbandingan dengan data logistik yang ada, sehingga pemasok tidak akan merubah harga dengan segampangnya.

0 komentar :

Posting Komentar