Senin, 15 Juni 2015

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
oleh:
M. Ricky Sofian Hasibuan
140521023
Manajemen Ekstensi
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Sumatera Utara

Publik Wi-Fi hotspot telah populer selama sekitar delapan tahun. Selama waktu itu, perusahaan menyediakan layanan telah mencoba untuk menetapkan mengenai biaya itu. Model dominan sampai saat ini hanya untuk biaya itu. Dengan membayar $ 20 per bulan, maka konsumen dapat log in pada di sekitar lokasi kami. Bagaimanapun, saat ini semacam tip titik telah tercapai, bahkan disewa untuk biaya, Wi-Fi diberikan untuk memotivasi pelanggan membeli barang dan jasa. Sekarang Wi-Fi seperti pemanggang bebas yang digunakan bank untuk mendistribusikan pembukaan account baru.
Starbucks memimpin transisi dari Wi-Fi menjadi uang, Wi-Fi sebagai daya tarik untuk membuat orang mengeluarkan uang untuk hal lainnya Mungkin ada hubungannya dengan kompetisi yang kuat Starbucks dalam menghadapi layanan untuk orang sarapan pagi seperti McDonald, yang juga menjadi lebih agresif dengan Wi-Fi.

Kartu Starbucks memberikan manfaat dalam tiga cara. Pertama, orang dengan kartu Starbucks di saku mereka mungkin lebih cenderung memilih Starbucks ketika ada di dekatnya alternatif lain. Kedua, dengan mendapatkan jutaan pelanggan untuk membayar di muka, Starbucks mendapatkan lebih banyak uang dimuka (bukan menunggu sampai orang benar-benar mendapatkan kopi mereka). Terakhir dan terbaik adalah jika kartu hilang, dicuri, atau dilupakan maka Starbucks memperoleh uang tanpa memasok apapun.

Namun, sampai beberapa tahun lalu, kafe banyak yang memberikan akses ke Wi-Fi hotspot mereka melalui kode yang diberikan hanya untuk pelanggan yang membayar, menurut Jack Kelley, presiden Seattle daerah rantai Caffe Ladro. Ada rasa takut bahwa "jika publik Wi-Fi adalah gratis, Anda akan mengisi tempat Anda dengan 'berkemah', "Kelley mengatakan, mengacu pada pelanggan yang berlama-lama sepanjang hari tanpa membeli apapun. Tapi itu tidak terjadi setelah 12 Ladro Seattle-area kafe beralih ke Wi-Fi gratis beberapa tahun yang lalu. Saat ini, "kita bahkan tidak peduli jika Anda duduk di parkir dan menggunakannya," kata Kelley. Ditanya tentang dampak dari langkah Starbucks pada bisnisnya, Kelley menukas, "Wi-Fi bebas dimana-mana hari ini. Bukankah Starbucks sedikit ketinggalan jaman?"

Seperti tekanan gunung untuk membuat lebih Wi-Fi hotspot gratis, beberapa operator yang beralih ke iklan Web untuk offset biaya atau menghasilkan uang. Iklan-iklan yang disampaikan selama log-in atau di halaman arahan pengguna. JiWire menyajikan iklan untuk lebih dari 8 juta pengguna per bulan pada berbagai jaringan Wi-Fi, termasuk Boingo, dengan tarif jauh lebih tinggi dibandingkan pada umumnya Halaman Web. Semacam iklan "terdengar kotor" untuk Kelly Ladro, meskipun. "Ini semua seperti iklan di film teater, "katanya. "Saya katakan, sudah cukup."

"Banyak pelanggan kedai kopi kecil akan terus mendukung toko lokal mereka karena kesetiaan, lingkungan yang unik dibandingkan perusahaan raksasa, dukungan komunitas, kenyamanan lokasi, dan lain-lain, "katanya. "Kerugian pelanggan mungkin juga diimbangi hanya karena ada begitu banyak lebih permintaan untuk akses Wi-Fi pada umumnya. "

Airline Wi-Fi, pada gilirannya, telah memicu untuk menginstal Wi- Fi di kereta api seluruh Eropa. Layanan perusahaan kereta api ini melihat maskapai penerbangan sebagai pesaing untuk bisnis yang menguntungkan wisatawan pasar. Komuter kereta api dan bahkan taksi mendapatkan Wi-Fi, bahkan, dimana pun Anda menemukan konsentrasi pengusaha dengan rekening pengeluaran dan untuk membunuh waktu, mengharapkan untuk menemukan Wi-Fi di sana. Semua orang ingin pelanggan ini karena mereka menghabiskan uang pada hal lain.

Beberapa, bagaimanapun, tidak berpikir Wi-Fi memiliki masa depan. "Sebagai mobile broadband landas, Wi-Fi hot spot akan menjadi  relevan sebagai bilik telepon, "kata Co Chief Marketing Officer Telepon Ericsson, Johan Bergendahl. "Mobile broadband berkembang lebih cepat dari mobile atau fixed telepon "Di Austria, mereka mengatakan bahwa mobile broadband. akan melewati broadband tetap tahun ini. "Ini sudah tumbuh lebih cepat, dan di Swedia, ponsel yang paling populer adalah modem USB,"kata Bergendahl.

Tantangan masih tetap. Cakupan, ketersediaan, dan harga- terutama ketika seseorang sedang roaming di jaringan lain adalah semua faktor kunci untuk sukses. "Industri harus memecahkan masalah roaming internasional," kata Bergendahl.

1. Apakah Anda setuju dengan rencana Starbucks yang menawarkan Wi-Fi gratis berbatas waktu kepada pelanggan? Apakah Anda merasa Wi-Fi gratis akan cukup merasakan loyalitas seperti ini? Berdasarkan pengalaman kedai kopi lain seperti dilaporkan di atas, apakah Anda mengira akses gratis merupakan faktor penting dalam mengembangkan loyalitas pelanggan.
Jawab : Saya setuju karena dengan dibatasi waktu pelanggan yang ingin mendapatkan waktu lebih harus membayar dan akan mendapatkan keuntungan. Wi-Fi gratis bukan factor pengukur untuk menjadikan pelanggan menjadi loyal tetapi faktor pendukung. Harus juga didukung oleh rasa kopi yang enak, pelayanan yang nyaman serta suasana tempat yang membuat pelanggan betah berlama-lama di kedai kopi tersebut.

2. Sebagai alasan perubahan yang harus dilakukan Starbucks sesuai dengan persaingan yang bertambah dari McDonald’s seperti menu sarapan pagi. Apakah Anda berpikir bahwa akses nirkabel gratis seperti yang dilakuakan pesaing tersebut akan mengalihkan porsi yang signifikan dari pelanggan Stabucks? Ya atau tidak Mengapa?
Jawab : Tidak, karena tujuan utama pelanggan untuk datang ke kedai adalah untuk makan. Akses nirkabel gratis hanya sebagai faktor pendukung.

3. Kasus di atas mencata ada beberapa perusahaan yang menawarkan  Wi-Fi gratis dalam pertukaran untuk menampilkan iklan atau menjawab pertanyaan untuk studi penelitian pasar. Apakah Anda ingin juga melakukan hal tersebut untuk mendapatkan akses Wi-Fi gratis seperti di bandara? Apakah jawaban  Anda akan berubah ini jika Anda menggunakan laptop perusahaan dibandingkan milik Anda sendiri, karena pertimbangan keamanan?
Jawab : Jika saya menggunakan smartphone perusahaan saya tidak akan menggunakannya karena lewat Wi-Fi gratis data kita bisa saja disadap oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

0 komentar :

Posting Komentar