Senin, 15 Juni 2015

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
oleh:
M. Ricky Sofian Hasibuan
140521023
Manajemen Ekstensi
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Sumatera Utara

Korporasi Hotel Hilton telah belajar bahwa pelanggan lebih terpuaskan ketika mereka bermasalah dan staff hotel mengurusnya dan hotel berjalan dengan lancar. Menyediakan informasi bagi staff hotel untuk membuat perbaikan penting merupkan alasan keberadaannya. Bagi CIO Tim Harvey dan Tim Hilton hal seperti ini menjadikan salah satu  alasan untuk mencegah kemerosotan dari industri ini. Hilton meletakkan  sistem informasi seperti ini kepada  pelanggan yang disebut dengan QnQ dalam pengetesan program ekspansi taruhan yang tinggi, dimana saat industri mendapatkan momentum yang tinggi dan tepat  Hilton telah membuka 125 hotel di tahun 2004 dan diperkirakan mencapai 150 hotel di tahun 2005.

Di sistem QnQ sehingga semuanya akan terintegrasi mulai dari maskapai penerbangan serta perjalanannya dengan hanya menyediakan nomor rekening dari pengunjung hotel tersebut. Dimana pada tahun 2005 sistem QnQ tersebut diharapkan meningkatkan jumlah pengunjung dari hotel seerti mulai dari reservasi hingga pelayanannya di restoran.

Keberhasilan seperti ini sangat membuat keberuntungan pada manajemen Hilton karena sistem QnQ dapat dijadikan figur kunci keberhasilan. Dalam QnQ juga dicantumkan profil dari pelanggan hotel yang diperoleh dari kartu kredit ketika pembayaran dan sejarah menginap  sampai formulir jarak jauh  yang diberikan beberapa keistimewaan dan hanya akan mencocokkan dengan orang nyya dan juga perusahaan akan mempertimbangkan kecocokan teknologi nya dimana teknologi ini akan mampu mencari 180 juta catatan dan menemukan jawaban yang akan dicari.

Hilton berharap akan memberikan fasilitas tambahan seperti golf, spa, paket teater berdasarkan keistimewaan mereka. tidak hanya itu bagi 50.000 akun bisnis yang lebih kecil Hilton telah merapikan nya dalam sebuah portal pemesanan untuk perjalanan karyawan mereka sehhingga mereka dapat mengambil potongan - potongan keuntungan bagi yang akan melakukan pemesanannya.

1. Apakah manfaat dan kekurangan dari sistem QnQ bagi Hilton ?
Jawab : Manfaatnya adalah dengan sistem ini Hilton dapat mengetahui history pelanggan yang sudah pernah menginap di Hilton dan membuat pelanggan merasa berarti dan dihargai. Dan pelanggan mendapatkan kamar yang seperti dia inginkan.

2. Apa yang harus dilakukan oleh Hilton ntuk menciptakan keuntungan kompetitif melalui QnQ?
Jawab : Hilton harus memberikan layanan tambahan kepada pelanggan  seperti golf, spa, teater dan lain lain dengan menggunakan sistem QnQ

3. Apakah memungkinkan untuk memiliki terlalu banyak informasi mengenai seorang pelanggan? Jelaskan
Jawab :  Bisa saja selama kapasitas penyimpanan data pelanggan masih memenuhi ruang penyimpanan memori data paelanggan

0 komentar :

Posting Komentar