Senin, 15 Juni 2015

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
oleh:
M. Ricky Sofian Hasibuan
140521023
Manajemen Ekstensi
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Sumatera Utara

MMCC didirikan pada tahun 1963 oleh tiga imigran asal Ceko dari Yonkers, New York, dan telah tumbuh menjadi salah satu distributor industri metrik pengencang terbesar di Amerika Serikat.  Dalam 10 tahun terakhir bisnis telah berkembang dua kali lipat, dengan penjualan mencapai $ 20 juta di tahun 2005, dan tumbuh secara cepat di tahun 2006. Akan tetapi, perusahaan mengalami kewalahan dalam jaringan telekomunikasinya, yang dikelola oleh sebuah perusahaan telekomunikasi dari luar. Jaringan sering mengalami permasalahan, yang mengganggu komunikasi via e-mail dan beberapa layanan atas pesanan pelanggan yang tidak dapat dipenuhi dengan segera.

“Kami telah mengunci diri kami sendiri dalam tiga tahun kontrak dengan provider kami,” kata Bellnier. “ Ini adalah sebuah sistem yang terkelola dan oleh karena itu kami tidak memiliki password ke router. Saya berpengalaman belasan kali dalam menghabiskan berhari-hari di telepon untuk mencoba menaikkan kartu-kartu pekerjaan dalam menyelesaikan permasalahan. Ini adalah sebuah mimpi buruk.”

Dia mengingatkan sebuah tantangan utama yang terjadi ketika provider menolak bahwa routernya sudah berkurang: “jaringan mereka yang rusak, dan kami telah sepakat terhadap konsekuensi downtime dalam menghabiskan waktu untuk meyakinkan seseorang 2.000 mil jaraknya dimana salah satu router mereka perlu diperbaiki.”

Para tenaga konsultan Hi-Link, yang dipimpin oleh manajer pegembangan Jim Gartner, mengusulkan kepada Bellnier bahwa MMCC membangun pondasi jaringan keamanan berisi VPN yang terhubung diantara beberapa situs. Menggunakan Cisco terintegrasi untuk layanan routers dan peralatan keamanan, blueprint jaringan didesain untuk memberikan Bellnier memantau secara transparan akses terhadap seluruh peralatan yang dibutuhkan, meningkatkan kontrol dia terhadap jaringan, dan meningkatkan kinerja jaringan. Hi-Link memperlihatkan kepada Bellnier bagaimana pondasi jaringan keamanan bekerja untuk mengotomisasi pemeliharaan secara rutin, memonitor jaringan, dan mengingatkan staf TI terhadap permasalahan kemanan dan kinerja. Bellnier menerima rencana jaringan Hi-Link dan menyusun presentasi formal untuk menjelaskan proposal kepada manajemen perusahaan.

Setelah mendiskusikan biaya, risiko, dan keuntungan bisnis terkait rencana Hi-Link, pihak eksekutif MMCC setuju dengan proposal yang diajukan dan mengikuti beberapa tujuan utama proyek tersebut, yaitu:
- Tujuan. Menghasilkan jaringan bisnis MMCC dengan reliability, security, dan scalability yang lebih tinggi, tetapi biaya yang lebih rendah, daripada jaringan yang dikelola secara eksternal.
- Strategi. Mendesain sebuah IP network dengan teknologi yang lebih maju untuk ketersediaan dan efisiensi jaringan serta pengelolaan keamanan yang tinggi, dimana dapat dioperasikan oleh sebuah departemen TI yang sangat kecil. 
- Teknologi. Menggunakan teknologi VPN untuk menghubungkan kantor-kantor terpencil dan pengguna secara aman dan memfasilitasi pengembangan perusahaan. 

Dukungan. Setelah mendesain dan mengimplementasikan secara cepat sebuah dasar jaringan keamanan berdasarkan produk Cisco, Hi-Link akan membantu MMCC dengan dukungan teknis kapan saja dibutuhkan.

Setelah lagi kontrak konsultasi sudah ditandatangani, Hi-Link mulai bekerja dengan Cisco dan perusahaan telekomunikasi lokal untuk menginstal jalur telekomunikasi yang dibutuhkan untuk jaringan baru. Ketika mereka berada di tempat, diperlukan kurang dari satu minggu untuk menyebarkan Cisco router, switch, dan perangkat keras telekomunikasi lainnya yang telah dikonfigurasi oleh Hi-Link. “Hi-Link membuat implementasi berjalan mudah oleh pekerjaan yang efisien dalam waktu terbaik kami,” kata Bellnier. “Mereka menangani secara detail semua hal terkait dengan perusahaan telekomunikasi lokal, para penyedia layanan internet, dan pengelola proyek.”
Gartner Hi-Link mengatakan tentang jaringan MMCC: “Setiap data dikonfigurasi secara tepat dengan cara yang sama, kita dapat dengan mudah menduplikasinya untuk membuka lokasi baru. Kita dapat dengan mudah menambahkan ekstra bandwidth untuk memenuhi permintaan tambahan. “Jadi, Hi-Link sedang membantu MMCC dalam menambah kapasitas wireless ke seluruh gudangnya, dengan mengetahui bahwa tambahan kapasitas tersebut dapat disediakan jika dibutuhkan.

Bellnier menyampaikan nasehat kepada para manajer TI perusahaan kecil lainnya untuk mempertimbangkan dalam membangun dan mengelola jaringan mereka sendiri. “Jangan membatasi pengembangan perusahaan dengan berpikir kamu tidak dapat mendukung atau memperkuat sebuah sistem swakelola dengan sumber daya yang terbatas,” kata dia.

1. Apa yang menjadi faktor terpenting yang berkontribusi atas keberhasilan MMCC dengan jaringan terkelola mandiri yang baru dan aman? Jelaskan alasan untuk pilihan anda. 
Jawab: Dengan menggunakan teknologi jaringan VPN. Dengan teknologi ini bisa menghemat biaya terhubung dengan kantor yang jaraknya jauh dan aman

2. Apa saja beberapa manfaat bisnis dan tantangan dari jaringan terkelola mandiri dan terkelola secara eksternal?
Jawab : Mengurangi biaya, efisien waktu, aman dan memberikan keandalan yagn signikfikan

3. Jenis manajemen jaringan mana yagn akan Anda sarankan untuk digunakan pada perusahaan bisnis kecil ke menengah? Jelaskanalsan atas rekomendasi yang Anda berikan.
Jawab : Dengan menciptakan sebuah jaringan yang andal, aman yang berbiaya rendah. Dengan membuat ini perusahaan akan menghemat biaya.

0 komentar :

Posting Komentar