Senin, 15 Juni 2015

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
oleh:
M. Ricky Sofian Hasibuan
140521023
Manajemen Ekstensi
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Sumatera Utara

"Orang-orang kami adalah yang paling berharga", kemungkinan istilah ini mungkin sangat sering kita dengar. Karena pada akhirnya sema perusahaan telah menitiberatkan pada Departemen Sumber Daya Manusia yang memfokuskan usaha teknologi pada penurunan biaya dengan otomatisasi atau pengalihan nonstrategis pada proses teoritisnya. Dengan semakin meningkatnya kemampuan sumber daya manusia didesak tidak hanya untuk mengurangi beban biaya perekrutan akan tetapi juga mengoptimumkan kumpulan bakat di perusahaan. Bayangkan mengganti perintah elektronik untuk mempekerjakan karyawan dengan cara yang sama manajer pabrik menggunakan perangkat lunak untuk ERP untuk memesan lebih banyak untuk bagian perakitan.

Itulah yang terjadi  di Oregon Health & Science Universityc (OHSU), dimana dikatakan bahwa sumber daya manusia dikatakan sebagai mitra utama yang strategis.

Aplikasi Recruitment yang merupakan bagian dari deretan Sistem Sumber Daya Manusia Bisnis Elektronik dari Oracle mungkinkan manajer untuk meminta karyawan baru untuk mengoperasikan perangkat elektronik ini karena perangkat elektronik ini terdiri  dari perangkat lunak tersebut digunakan untuk mengoperasikan pekerjaan administratif yang akan memakan bnyak waktu yang termasuk diantranya mengisi formulir permintaan kepada manajer yang tepat dan memasang pekerjaan tersebut di situs. Organisasi-Organisasi yang besar dan menengah seperti OHSU beralih dengan cepat pada jeniis baru dari aplikasi manajemen karyawan dimana biasanya disebut manajemen sumber daya manusia akan dioptimalkan dalam perangkat lunak untuk mengotomatisasikan proses sumber daya yang tersedia yang dikerjakan seluruhnya secara manual, misalnya seperti kertas - kertas ataupun surat-surat elektronik. Manajemen Sumber Daya Manusia mencakup seluruh displin pengolahan tenaga kerja, membawa dan mengikutinya mulai dari waktu ke waktu.

1. Beberapa keuntungan bisnis dan teknologi yang digambarkan pada proses yang berorientasi otomatisasi transaksi. Dengan semakin meningkatnya kemampuan sumber daya manusia didesak tidak hanya untuk mengurangi beban biaya perekrutan akan tetapi juga mengoptimumkan kumpulan bakat di perusahaan. Bayangkan mengganti perintah elektronik untuk mempekerjakan karyawan dengan cara yang sama manajer pabrik menggunakan perangkat lunak untuk ERP untuk memesan lebih banyak untuk bagian perakitan.

2. IYA, Secara individu berbagai alat seperti HCM sangat membantu tetapi untuk meningkatkan nilai optimal, merka perlu diintegrasikandengan pekerjaan berat sehingga manajer bisa melihat pekerja bekerja dengan optimal dimana mengubah Sumber Daya Manusia bekerja secara optimal dibutuhkan waktu 3 sampai 5 tahun. fungsi dari setiap aplikasi HCM yang diotomatisasikan dimana diantaranya adalah Tyco International Ltd dimana sistem ini menggunakan peniaian melalui grafik  dari sistem penilaian kerja dan akan mempromosikan karyawan sesuai dengan kinerjanya.

3. Secara Umum tantangan  HCM adalah perlu ditingkatkan nilai optimalisasi yang hanya dimplementasikan pada ERP saja, bagaimana jika implementasi ini di pisahkan tentu sangat akan bebrbeda fungsi dari HCM itu sendiri. Makaa untuk menjaga konsistensi jaringannya maka diperlukan berbagai lintasan atau deretan dari HCM dan ERP supaya dapat dipisahkan dengan departemen yang berbeda juga.

0 komentar :

Posting Komentar